Perusahaan Kontraktor Jogja

  • admin
  • December 28, 2018
  • 0 Comments

Mau Bikin Bangunan Gedung 5 Lantai Tahan Gempa? Simak Aturan Teknisnya

Mau Bikin Bangunan Gedung 5 Lantai Tahan Gempa? Simak Aturan Teknisnya

PT EMKA Architect Group adalah perusahaan Kontraktor yang Berkantor Pusat Di Jogjakarta yang sudah berpengalaman selama 20 Tahun. Berkembang bersama Mengembangkan pembangunan rumah, kos eksklusif, hotel, apartemen di Jogja. Ada persyaratan khusus untuk mendirikan bangunan tahan gempa. Bangunan bertingkat seperti hotel dan mal di di jogja ambruk dihantam gempa bermagnitudo 7,4 Jumattahun 2006 . Salah satu kemungkinan penyebabnya menurut adalah besarnya nilai percepatan yang terjadi saat gempa kuat itu.

Angka percepatannya bahkan lebih besar bila dibandingkan dengan prediksi berdasarkan Standard Nasional Indonesia (SNI) Gempa keluaran 2002. “Bangunan-bangunan yang runtuh tersebut kemungkinan didesain menggunakan peraturan gempa yang lama,” kata Iswandi Imran, Guru Besar dari Kelompok Keahlian Rekayasa Struktur Fakultas Teknik Sipil ITB itu, Sebagai gambaran, nilai PGA atau percepatan maksimum di batuan dasar di Palu berdasarkan SNI Gempa 2002 sekitar 0,2 G. Sedangkan berdasarkan SNI Gempa 2012 yang sekarang berlaku, nilai PGA yang harus diperhitungkan minimum 1 hingga 1,2 G. Nilai PGA tersebut masih merupakan nilai percepatan di batuan dasar, dan nilai itu akan teramplifikasi saat sampai di permukaan tanah

untuk dari sisi beban yang harus diperhitungkan saat mendesain bangunan. Selanjutnya, kata Iswandi, untuk pendekatan desain tahan gempa di Indonesia tidak perlu merancang bangunan tahan gempa secara elastis atau tidak boleh rusak sama sekali sebab ukuran elemen bangunan harus dibuat besar. Peraturan mengizinkan untuk mendesain bangunan secara inelastis yang berakibat bangunan akan rusak ketika gempa kuat. “Walau boleh rusak, bangunan tidak boleh runtuh. Prinsip utamanya harus bisa melindungi jiwa manusia yang ada di dalam dan sekitar bangunan,” kata Iswandi.

Soal tinggi bangunan dan juga sistem struktur yang sesuai untuk wilayah gempa pada dasarnya sudah diatur dalam SNI Gempa. Namun bukan berarti di wilayah rawan gempa dilarang membangun gedung tinggi. Ada parameter tambahan yang harus diperhitungkan. “Bangunan 10, 20, 30 lantai selama dihitung dengan betul dan konsisten serta sesuai kaidah yang ada, di wilayah gempa besar sekalipun pada dasarnya tidak masalah, Pengawasan pemerintah daerah diperlukan secara ketat. Aturan mengharuskan adanya tim ahli bangunan gedung (TABG) di kota-kota dan kabupaten. Tugasnya antara lain meninjau desain bangunan sebelum keluar izin membangun. Tahapan ini diharapkan bisa mengendalikan suatu produk rancangan sebelum pembangunan gedung dilaksanakan agar aman.

BACA JUGA Investasi Hotel Beromzet Milyaran per Bulan

Di lapangan, landasan kerja kontraktor pelaksana adalah gambar detil desain yang dihasilkan oleh perencana atau konsultan. Gambar detil itu buatan insinyur sipil, khususnya untuk gambar struktur atas dan pondasi. Gambar detil ini beserta dokumen spesifikasi teknis akan menjadi pegangan kontraktor pelaksana di lapangan Kontraktor tinggal mengikuti informasi sesuai petunjuk dalam gambar dan spesifikasi teknis tersebut,” katanya. Walau begitu, praktiknya kadang berbeda dengan rancangan. Sebagai contoh ketentuan kait tulangan 135 derajat yang merupakan keharusan. “Terkadang masih belum dikerjakan secara konsisten oleh pelaksana lapangan.”

Disini PT. EMKA ARCHITECT GROUP sebagai perusahaan kontraktor kos eksklusif, hotel, apartemen di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis kos eksklusif. Dengan pengalaman selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun kos eksklusif diberbagai tempat di Jogja sehingga bisa menjadi partnership dalam membangun dan mengelola kos eksklusif anda dan keuntungan pun bisa maksimal. Tidak hanya kos eksklusif PT. EMKA ARCHITECT GROUP juga bisa membantu anda untuk pembangunan apartemen dan hotel. Langsung saja kunjungi kantornya di jln. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Yogyakarta.

Lost your password?

User registration is disabled for now. Contact site administrator.